Kapok deh pakai TIKI. Sudah 3 kali saya dikecewakan oleh layanan kurir TIKI. Untuk 2 kejadian yang awal saya pikir cuma kebetulan aja. Tapi setelah kejadian yang mirip terjadi lagi untuk yang ketiga kali, saya putuskan tidak akan menggunakan jasa TIKI lagi.
Kejadian pertama adalah ketika saya memutuskan membeli modem dan kartu perdana broom xtra via toko online sekitar akhir tahun 2009. Setelah searching sana sini, akhirnya ketemulah sebuah toko online yang kelihatan dapat dipercaya. Setelah mengisi form, mentransfer uang serta konfirmasi, dikirimlah modem saya via TIKI oleh si penjual. Lokasi penjual di Jakarta, sedangkan saya di Tangerang. Tunggu punya tunggu, berlalulah beberapa hari tanpa ada kabar berita di mana barang pesanan saya. Akhirnya saya konfirmasi ke si penjual. Menurut mereka, barang sudah dikirim oleh TIKI dan sudah sampai. Kagetlah saya, bagaimana mungkin, sedangkan saya tidak merasa menerima barang. Saya komplain ke penjual, dan mereka pun membantu konfirmasi ke TIKI. Pusiiiing...
Kemudian pada sore harinya, saya mendapat telepon dari seseorang. Dia bilang paket saya nyasar ke rumahnya. Katanya paket itu dilempar begitu aja ke halaman rumahnya tanpa konfirmasi. Untung ada alamat saya, lengkap dengan nomor telepon. Alhamdulillah paket saya nyasar ke orang yang jujur. Saat itu saya komplain lagi ke penjual sambil menanyakan status kiriman di TIKI. Kembali saya kaget. Menurut si penjual, status kiriman sudah oke dan sudah diantar ke alamat yang benar. Padahal saya sendiri yang menjemput paket saya ke rumah orang yang menerima paket saya itu. Ah, waktu itu saya berpikir ya sudahlah, yang penting barang sudah ketemu...
Kasus yang kedua, kali ini saya yang jadi penjual. Alkisah di pertengahan tahun 2010, ada seorang pelanggan memesan barang lewat toko online saya. Setelah transferannya saya terima, saya pun kirim paketnya ke daerah Tegal, tempat si pelanggan. Tunggu punya tunggu lagi... ternyata sampai 5 hari paket tidak kunjung sampai ke si pelanggan. Pelanggan komplain ke saya. Pihak saya pun berkali-kali telpon ke agen TIKI tempat kami mengirim barang. Penjelasannya selalu berubah-ubah sampai akhirnya keluar penjelasan final. Menurut TIKI alamat penerima tidak jelas dan tidak bisa ditemukan. Akhirnya si pelanggan berinisiatif menjemput paket miliknya di kantor TIKI di Tegal. Menurut si pelanggan, dia sudah beberapa kali pesan barang online dan selalu sampai. Alamatnya seharusnya tidak susah. Alhamdulillah, si pelanggan tidak marah dan justru memuji pendekatan yang kami lakukan kepadanya. Dia juga menyarankan untuk tidak pakai TIKI buat kirim barang, lebih baik kurir yang lain.
Kasus ketiga ini yang bikin saya paling pusing. Awal bulan Mei 2011 ini saya kirim dokumen kantor dari Tangerang ke Jakarta menggunakan paket TIKI yang sehari sampai. Malam saya kirim, besok siang seharusnya sudah sampai. Setelah beberapa hari saya cek ke Jakarta, apakah kiriman saya sudah diterima. Sungguh kaget tidak terkira, ternyata dokumen itu tidak sampai ke alamat yang saya tuju. Saya cek ke TIKI, coba menelusuri keberadaan dokumen itu. Menurut petugasnya, surat saya sudah diterima di gedung yang dituju di Jakarta oleh Ari, sekitar pukul 15.00 WIB. Saya bingung, siapa Ari? padahal resepsionis di Jakarta namanya Nova. Yang bikin saya agak emosi, si petugas bilang "kadang-kadang kita ngga bisa sampai ke penerima, jadinya dititip di Satpam, siapa tau Ari ini nama satpamnya". Pasalnya saya sudah beberapa kali kirim ke alamat yang sama, dan selalu diterima oleh Nova.
Saya pasrah... tapi dalam kepasrahan itu saya sempat minta tolong sahabat di Jakarta untuk bantu melacak. Alhamdulillah, pelacakannya membuahkan hasil. Setelah dia tanya sana sini, ternyata baru diketahui kalau Ari adalah nama resepsionis di lantai 10. Padahal tujuan saya lantai 7, dan tertera dengan jelas di amplopnya alamat yang saya tuju itu. Kali ini saya tidak mau ambil pusing lagi. Sudah jelas ada yang ngga beres dengan manajemen TIKI. Saya segera deklarasikan di kantor saya, jangan pakai TIKI!
Note: Tulisan ini saya buat atas pengalaman pribadi, bukan dibuat-buat. Kalau TIKI mau bela diri, silahkan. Toh, ngga ada gunanya buat saya. Hanya saya sarankan buat yang belum pernah pakai TIKI, dan mau coba pakai TIKI, perhatikan bener-bener alamat yang mereka ketik di AWB, soalnya bagian pengiriman TIKI cuma lihat alamat di AWB-nya, ngga peduli ada alamat yang lebih jelas di amplopnya sendiri. Dalam kasus terakhir saya, alamat jelas yang tertera di amplop mereka ketik dengan lebih singkat di AWB dengan menghilangkan 1 baris keterangan penting, yaitu lantai yang dituju.
Saturday 21 May 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
14 comments:
Iya sama,, aq jg kapok. Kirim k TIKI Tegal malah di sms suruh ambil sendiri. Udah bayar mahal lg buat kirimn kilatx. *huft
Paket saya malah nyasar ke kota lain..padahal jelas2 di paketnya alamat dan kecamatannya sudah tertera jelas banget...tiki petugasnya oon banget
setiap saya dikirim paket selalu diminta ambil sendiri ke kantornya. ketika saya klarifikasi,kenapa tidak diantar sampai tujuan,alasanya semua prosedurnya begitu. semalas itu management TIKI. TIKI wonogiri dan Surakarta.
saya jg merasakan hal yg sama saat mngirim pesanan cust dari toko online sy.cthnya status barang sdh di tegal dari tgl.21 tp sampai tgl.25 barang blm jg smpai di tangan cust.tnpa ada konfirmasi jg klo barang sdh tiba di tegal ke no.hp cust ku yg tertera di paket kiriman.untung cust ku gak mrh dan mau ambil sndiri ke kantor Tiki.tp sya ngrasa sangat kecewa dngan pelayanannya yg sprti ini.kapok deh pkai tiki
saya jg merasakan hal yg sama saat mngirim pesanan cust dari toko online sy.cthnya status barang sdh di tegal dari tgl.21 tp sampai tgl.25 barang blm jg smpai di tangan cust.tnpa ada konfirmasi jg klo barang sdh tiba di tegal ke no.hp cust ku yg tertera di paket kiriman.untung cust ku gak mrh dan mau ambil sndiri ke kantor Tiki.tp sya ngrasa sangat kecewa dngan pelayanannya yg sprti ini.kapok deh pkai tiki
Pengalaman buruk pake TIKI, mengecewakan, menyedihkan dan daammmmnnnnnnn TIKI!! Tanggal 20 juli barang dikirim dari Jakarta tujuan Kudus dengan TIKI reg, tanggal 25 ga nyampe jg. Ternyata itu barang saya dalam perjalanan dibalikin ke pengirim karena katanya diantar 2 kali ke rumah saya tidak ada orang. What the hell is that??!! Di rumah saya satu tahun 365 hari 24 jam selalu ada orang di rumah dan paket apapun yang pake JNE dan paket apapun selain TIKI selalu sampai hanya dlm waktu 2 hari tidak pernah ada masalah dengan rumah saya. Saya rasa TIKI ini dalamnya bermasalah, orang2 tukang tipu, tidak punya attitude dan sangat amat amat amat maaf bodoh, dan dipaket saya jelas ada no telepon saya dan pengirim tapi tidak ada dari kami satupun yang ditelepon. Entah maksudnya apa saya sampai habis pikir sama si TIKI ini. Jangan coba2 deh, tapi kalau ada yang mau coba silakan. Saya sih bakal jadi anti TIKi deh. Trims. Oiya sampai sekarang barang belum sampai ke saya maupun ke pengirim.
Hari ini cek resi tiki hasil belanja dr BUKA*****, ternyata sukses terkirim kemarin dengan penerima atas nama ayah saya, benar sekali namanya. Tapi nyatanya,,,, barang tersebut tidak sampai, padal kemarin seharian saya dirumah. Kalau memang benar kemarin dikirim pasti yang menerima saya. Padal buku itu segera dipakai...
ya Allah... pengalaman yang sama dengan aku. dan itu baru aja kejadian. biasanya aku pakai POS, dan selalu nyampai. karena kebetulan ada barang kaca, jadi pos ngk mau kirim. katanx takut pecah. makanx aku pakai TIKI, dan itu utk yang pertama kali. seteleh ngu 6 hari, mama ku nelpon klu dia dapat sms dari TIKI yg bilang alamat tak ditemukan, jadi di suruh jemput ke kantornya. padahal selama ini kirim lewat pops selalu sampai alamat. kesel bgt.....
pengen gue caci maki tuh pihak TIKI. tapi ngk tahu mau complain kemana
Sama dah kaya nasibku , sampe sekarang masih blum jelas, tanggal 15 desember pesan hp dari batam dengan pengiriman kilat, di kasi resi , pas saya cek lah kq udah nyampe ke aceh padahal saya di medan , sampe skrng masih di aceh, blum tau kapan sampenya, padahal pake jne langsung nyampe alamat hadeehhh kapok dah pake tikii
Paketku udah Dari tanggal 17 desember udah di delivery courier Tapi sampe sekarang belum juga tiba. Sumpah kesel banget sama kurir tiki ini. Semingguan di kurir terus. Apa alasannya Dia ga nganterin paket aku ðŸ˜
Sama kapok juga, hanya dgn sekali pengalaman saja. Saya pikir paketnya diantar ke rumah. Ternyata kita yang ambil sendiri.
Ternyata gk saya saja yang mengalammi masalah yang sama harus ngambil sendiri di kantor tiki dengan alasan di luar batas pengiriman padahan kurir lain selalu sampe rumah
Kapok pake TIKI
Biasa beli onlen dan barang sampai sesuai estimasi. Nah ini dikirim pake tiki dapat konfirmasi dr lazada kalo barang sdh diterima. Pdhal sy belum menerima barangnya. Tiki sungguh pemakan barang haram
Post a Comment